Terminology


TERMINOLOGI OF ORIENTAL BUFFET MENU

1. THAI BEEF SALAD


Salad dari negeri gajah ini memang berbeda dari salad yang lainnya. Dengan paduan paduan pedasnya cabai, gurihnya kecap ikan, dan asamnya jeruk nipis bersatu padu dengan segarnya sayur dan daging panggang yang ditaburi dengan cincangan kacang tanah. Biasanya, daging sapi pada thai beef salad di grill medium well untuk mendapatkan kelezatannya. Sayuran dalam salad ini jika rajin dikonsumsi bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

2. CHINESE SPINACH AND PEANUT SALAD



Bayam rebus dan kacang goreng disajikan dalam balutan cuka jahe khas negeri ginseng. Bayam lembut dan kacang tanah yang renyah memberi Anda rasa mulut yang memuaskan. Kue tar sedikit manis dan rasanya sangat menyegarkan. Sederhana, bergizi tinggi, dan mudah dimasak.

3. TOMYAM


Tom yam , juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

4. PHO BO


Phở adalah masakan mi sapi dari Vietnam. Makanan ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke selatan hingga ke Kota Ho Chi Minh, dan ke seluruh dunia.
Mi untuk phở disebut bánh phở, dibuat dari tepung beras. Setelah mi dan tauge diletakkan di dalam mangkuk, di atasnya diletakkan irisan daging ayam atau irisan tipis daging sapi (mentah atau matang sesuai selera). Bila irisan daging sapi mentah yang digunakan, siraman kuah panas membuat irisan daging menjadi matang. Sebelum dihidangkan, di atas mi ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombay sebagai penyedap.

Kuah dibuat dengan cara menggodok potongan besar daging sapi, tulang sapi, atau buntut sapi dengan perlahan hingga didapat kaldu yang kental, namun bening. Proses pembuatan kuah untuk phở bisa berlangsung berjam-jam hingga sehari semalam. Rempah-rempah untuk kaldu terdiri dari jahe, kayu manis, dan bunga lawang. Phở sering dihidangkan bersama cakwe, dan dinikmati dengan tambahan sambal botol, kecap ikan, cuka, atau perasan jeruk limau.

5. GAI TOD TAKRAI


Serai sering digunakan untuk hidangan penyedap, tetapi untuk resep Thailand ini, takrai (serai) ditumbuk sampai menjadi halus dan berserat, dan digoreng garing untuk dimakan bersama dengan ayam goreng. Resep ini merebus ayam sebelum menggoreng agar dagingnya tetap berair dan empuk. Maka dari itu, disebut dengan ayam goreng serai.

6. YAM MAKEUA YO


Salad ini terdiri dari irisan terong Thailand dengan saus cabai klasik, kapur, dan saus ikan serta beberapa rempah segar.Tentu saja tidak terlalu banyak untuk menjadi "asli" Thailand, tetapi juga bukan versi tradisional dari hidangan ini, yang menyerukan untuk memanggang seluruh terong dan kemudian menggabungkan daging lembut, rasa berasap dengan yang di atas bahan-bahan selain udang kering dan telur rebus.

7. TORI NO TERIYAKI


"Teriyaki" adalah salah satu metode memasak Jepang yang terkenal. Namun saya tidak yakin itu dimasak sejak kapan, saya akrab dengan makanan Teriyaki sejak kecil. Di Jepang, kami memasak daging dan ikan sebagai Teriyaki. Makanan populer adalah ayam, ekor kuning, salmon dll. Juga satu toko hamburger bernama "Mos Burger" berhasil oleh "Teriyaki Buger."
Saya tahu Teriyaki adalah metode memasak yang populer di AS sekarang. Saya belum mencobanya ketika saya mengunjungi AS, jadi saya tidak yakin sama dengan Teiryaki Jepang. Tetapi seseorang mengatakan itu tidak sama. Jadi tori no teriyaki adalah ayam teriyaki.

8. ONIGIRI


Onigiri (bahasa Indonesia: nasi kepal) adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.
Onigiri juga dijual di toko kelontong di Hong Kong, daratan Cina, Taiwan, dan Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, makanan ini disebut "jumeok bap" (Hangul: 주먹밥) atau "samgak gimbap" (Hangul: 삼각김밥), arti harfiah: "nasi kepal" atau "nasi segi tiga rumput laut".

9. TANG YUAN


Ronde adalah makanan tradisional China dengan nama asli Tāngyuán (Hanzi=湯圓;penyederhanaan=汤圆; hanyu pinyin=tāngyuán). Nama tangyuan merupakan metafora dari reuni keluarga (Hanzi=團圓;penyederhanaan=团圆) yang dibaca tuányuán (menyerupai tangyuan). Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. Ukurannya bisa kecil atau besar, diberi isi maupun tidak. Masyarakat China biasa mengonsumsi tangyuan saat festival Yuanxiao atau Festival Lampion atau Festival Dongzhi (Hanzi=冬至;penyederhanaan=冬至; Korea=동지;Vietnam=Đông chí; Indonesia=Hari Wedang Ronde)atau pada setiap kesempatan diadakan perkumpulan keluarga, misalnya saat pesta pernikahan.

Menurut legenda , pada masa Dinasti Han, terdapat seorang dayang kerajaan bernama Yuanxiao. Ia sangat merindukan kedua orang tuanya tetapi tidak dapat meninggalkan istana, akhirnya ia terus menangis dan ingin bunuh diri. Seorang menteri yang mengetahu hal tersebut berjanji akan menolongnya. Apa yang perlu dilakukan Yuanxiao adalah membuat Tangyuan sebanyak mungkin (yang merupakan masakan terbaik yang bisa ia buat) sebagai persembahan kepada dewa pada tanggal 15 bulan 1 Imlek. Yuanxiao berhasil melakukannya dan sang kaisar merasa puas. Yuanxiao diizinkan bertemu kedua orang tuanya. Semenjak saat itu, pada tanggal 15 bulan 1 penanggalan Imlek diadakan Festival Yuanxiao atau Festival Lampion.

10. KHAO HEOW MA MUANY


Ketan mangga atau mango sticky rice adalah hidangan penutup Thailand yang terbuat dari beras ketan, mangga, dan santan. Makanan ini dapat dimakan dengan garpu, sendok, atau langsung dengan tangan. Meskipun berasal dari Thailand, makanan ini dikonsumsi di wilayah geografis Indochina di Asia Tenggara, seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam. Ketan mangga lazim menjadi sajian dalam puncak musim mangga pada musim panas bulan April dan Mei di Thailand.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah beras ketan, santan segar atau yang sudah dikalengkan, garam, gula aren, dan mangga. Mula-mula, beras ketan direndam dalam air dan kemudian dimasak dengan cara dikukus atau menggunakan penanak nasi. Sementara itu, santan kelapa dicampur dengan garam dan gula, lalu dipanaskan tanpa mendidih. Setelah ketan yang dimasak telah tanak, masukkan ketan dalam campuran santan, lalu aduk dan tunggu hingga santan meresap ke dalam ketan. Untuk menyiapkan hidangan ini, kupas dan iris mangga. Lalu, taruh mangga di wadah beserta campuran ketan yang ditaruh di sampingnya. Sisa santan yang belum terpakai dapat ditambahkan ke dalam ketan untuk menambah cita rasa gurih. Kadang-kadang ketan dapat ditambahkan taburan kacang kuning renyah.

Pada umumnya, mangga kuning yang disajikan dalam ketan mangga memiliki rasa yang lebih manis dari mangga hijau. Di Thailand, mangga dengan jenis "Nam Doc Mai" (mangga nektar bunga) atau jenis "ok-rong" yang digunakan.[butuh rujukan]Mangga jenis lain yang berasal dari wilayah Meksiko dan Karibia juga dapat disajikan.[butuh rujukan]Beras ketan bergluten pun umumnya dijadikan bahan ketan dibandingkan beras ketan biasa karena bertekstur lebih baik.
Makanan ini sebaiknya dihabiskan setelah dihidangkan. Jika dimasukkan ke dalam kulkas atau dibiarkan berhari-hari, ketan akan mengeras dan sulit dimakan. Ketan pun akan cepat basi karena mengandung santan.

11. TANG ZHONG


Tangzhong adalah semacam starter yang terbuat dari tepung dan air, yang konon bisa menghasilkan roti lembut dan ringan. Setelah dicoba, ternyata benar! Hasil rotinya benar-benar fluffy, tender, dan ringan seperti kapas. Anda bebas mengisinya dengan apa saja. Favorit saya adalah peanut butter & jelly. Kalau mau dibuat jadi roti tawar juga bisa. Resep ini merupakan adaptasi dari resep milk bread dari King Arthur Flour.

12. INEON NO GOMA AE



Bayam mengenakan saus wijen kacang gurih, Salad Bayam Jepang ini dengan Dressing Wijen (Spinach Gomaae) adalah lauk sayuran sehat yang cocok dengan segalanya.Bayam atau kacang hijau sering memakai saus wijen dalam masakan Jepang.Kami menyebut hidangan ini " Goma-ae (胡麻 和 え)". Saus wijen manis dan gurih yang dibuat dengan biji wijen yang baru ditumbuk menambah rasa kaya dan pedas pada sayuran hijau segar yang menyegarkan.

SOURCE:
https://id.wikipedia.org/wiki/Onigiri
https://id.wikipedia.org/wiki/Ronde_(makanan)
https://id.wikipedia.org/wiki/Ketan_mangga
https://www.pinterest.com/pin/287245282459762820/
https://food-in-japan.com/2013/03/teriyaki-chicken/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ph%E1%BB%9F
https://id.wikipedia.org/wiki/Ronde_(makanan)
https://id.wikipedia.org/wiki/Ketan_mangga
https://womantalk.com/food/articles/resep-tangzhong-milk-bread-roti-manis-seringan-kapas-DErM5
https://japanesestation.com/horenso-no-goma-ae-salad-bayam-dan-wijen-jepang-yang-menyehatkan/
https://rachelcooksthai.com/grilled-eggplant-salad/

Komentar

Postingan Populer