Famous food 4


1. Churros


Churros merupakan makanan ringan sejenis pastry yang digoreng, terbuat dari adonan dasar choux. Choux sendiri merupakan adonan pastry ringan yang umumnya digunakan untuk membuat kue sus, profiteroles, eclairs, beignets, atau crullers. Churros sangat terkenal di Spanyol, Prancis, Filipina, Portugis, Amerika Latin dan U.S. Kata churros diambil dari bahasa Spanyol "churra" yang berati domba, karena churros memiliki bentuk yang menyerupai tanduk domba. Asal usul churros terbagi atas dua versi. Versi pertama mengatakan bahwa churros pertama kali dibuat oleh seorang penggembala Spanyol untuk menggantikan roti segar. Kemudian masakan ini menjadi populer dikalangan penggembala Spanyol karena mudah digoreng di atas api pegunugan terbuka dimana para penggembala banyak menghabiskan waktunya.

Sedangkan menurut versi kedua, churros diciptakan pertama kali di China. Yang lebih dulu dikenal dengan nama youtiao, kue berwarna keemasan yang memiliki rasa asin dan dimasak dengan cara digoreng. Ketika Portugis datang ke China dan mencicipi kue goreng tersebut, mereka membawanya ke Iberia, Spanyol. Di persinggahan yang baru ini, kue ini dimodifikasi dengan menambahkan banyak gula dan mengurangi kandungan garam dalam pembuatannya. Dari situlah kemudian lahir churros. Dalam penyajiannya, churros kemudian terus mengalami perkembangan dan variasi dari waktu ke waktu dengan berbagai isian seperti cokelat, selai, dan lain-lain.

2. Hot Dog


Hasil gambar untuk hot dog


Hot Dog pertama kali diciptakan oleh orang Jerman pada tahun 1852. Mereka berinovasi dengan membuat sosis yang berukuran lebih kecil, pipih dan panjang, berbeda dari sosis biasanya yang cenderung buntal dan tambun. Selain itu, sosis ini juga memiliki kulit yang tipis dengan isian daging cincang yang sudah diberi banyak bumbu dan kemudian diasapi. Pembuat sosis ini memiliki anjing dachshund yang kemudian menginspirasinya untuk memberi nama sosis ciptaannya karena bentuknya yang mirip. Sejak itulah orang-orang menyebutnya dengan “dachshund sausages”.


Dachshund sausages yang sudah masuk di Amerika pada tahun 1860-an populer di New York. Biasanya, makanan ini dijual di pertandingan bisbol atau basket. Para penjual akan berteriak, “get your hot dachschund sausages!”. Ketika seorang kartunis New York Journal yang bernama Tad Dorgan sedang melihat pertandingan, dia kemudian terinspirasi dan membuat ilustrasi anjing dengan caption “get your hot dogs.” Kartun itu pun dimuat di koran dan mulai dikenal banyak orang. Sejak saat itulah, di setiap pertandingan para penjual selalu berteriak “get your hot dog here” saat menjajakan jualannya. Harry Stevens adalah penjual pertama yang meneriakkan kalimat tersebut. Kata hot dog pun semakin populer dan dikenal hingga sekarang ini.

Komentar

Postingan Populer