Ingredients 8



1. Tepung Tapioka




Tepung tapioka adalah pati dari umbi singkong yang dikeringkan dan dihaluskan. Dalam bahasa inggris disebut dengan cassava flour atau tapioca starch dengan nama latin Manihot Utilissima. Tepung tapioka adalah salah satu tepung bebas protein dan bebas gluten. Tepung tapioka cenderung sulit digenggam menjadi gumpalan dalam keadaan kering dikarenakan teksturnya yang sangat halus, kesat dan menimbulkan bunyi ketika diremas, sehingga mudah sekali dibedakan dengan tepung – tepung lainnya. Tepung tapioka juga memiliki sifat yang tidak larut dalam air yang bersuhu normal.

Tepung tapioka banyak digunakan sebagai bahan pengental, bahan pengisi dan bahan pengikat dalam industri makanan, seperti dalam pembuatan puding, sup, makanan bayi, es krim, pengolahan sosis daging, industri farmasi, dan juga banyak dipakai sebagai campuran pakan atau makanan ternak.

Tepung tapioka adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tepung Tapioka mengandung energi sebesar 362 kkali, protein 0,5 gr, karbohidrat 86,9 gr, lemak 0,3 gr, kalsium 0 mg, fosfor 0 mg, dan zat besi 0 mg. Selain itu di dalam Tepung Tapioka juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 mg dan vitamin C 0 mg.

2. Tepung Maizena





Tepung maizena (corn starch) adalah sebutan populer untuk tepung pati jagung. Kata "maizena" sendiri awalnya adalah brand atau merk dari suatu produk tepung jagung yang ada di Meksiko. Tapi, di Indonesia, akhirnya penyebutan tepung maizena lebih populer dan mudah dikenali daripada tepung pati jagung itu sendiri. Tekstur tepung maizena halus dan lembut seperti tepung terigu, namun warnanya lebih pucat dan keruh daripada tepung terigu. Di Indonesia ada beberapa macam merk tepung maizena yang terkenal, diantaranya Maizenaku, Hawai in Harvest, Clara Maizena, dan beberapa merk lainnya.

Tepung maizena sering menjadi bahan tambahan atau bahan pengganti terigu dalam pembuatan makanan. Misalnya, dalam pembuatan cake, kue kering, bubur, puding, dan saus. Tepung maizena akan menghasilkan tekstur makanan yang lebih pas. Penggunaannya memang tidak boleh terlalu banyak, karena penggunaan yan berlebihan justru akan membuat kue lebih cepat basi dan berjamur. Karena terbuat dari jagung, maka tepung maizena adalah jenis tepung yang bebas gluten. Maizena juga cenderung tidak mengandung lemak, sangat baik untuk diet.

Tepung maizena mengandung energi sebesar 343 kkal, protein 0,3 gr, karbohidrat 85 gr, lemak 0 gr, kalsium 20 mg, fosfor 30 mg, dan zat besi 2 mg. Selain itu, tepung maizena juga memiliki kandungan vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 mg dan vitamin C 0 mg.


3. Tepung Terigu






Tepung terigu adalah salah satu bahan makanan yang dibuat dari biji gandum yang berbentuk serbuk atau butiran sangat halus, dan berwarna putih. Tepung terigu merupakan salah satu jenis tepung yang sering digunakan masyarakat dalam membuat berbagai jenis makanan dan masakan. Kata "terigu" sebenarnya diambil dari bahasa Portugis "trigo" yang memiliki arti "gandum". Namun, ada sedikit perbedaan antara gandum utuh dengan terigu. Jika gandum berwarna cokelat dan cenderung lebih kasar, maka terigu berwarna putih dan lebih halus. Ini disebabkan karena terigu mengalami beberapa tahap pengolahan. Karena itulah, terigu lebih banyak mengandung gluten dan punya kadar kekenyalan lebih tinggi dibandingkan gandum utuh.

Tepung terigu sebagai salah satu bahan pangan populer tentu saja memiliki banyak manfaat di dalamnya. Misalnya, terigu digunakan sebagai bahan pokok dalam pembuatan mie, roti, biskuit, dan bubur. Berdasarkan zat protein yang dikandungnya, tepung terigu dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah. Semakin tinggi kadar proteinnya, semakin tinggi pula kadar kekenyalannya. Karena itu, tepung terigu yang paling cocok untuk membuat mie, roti, atau pasta adalah terigu berprotein tinggi.

Tepung terigu mengandung energi sebesar 365 kkal, protein 8,9 gr, karbohidrat 77,3 gr, lemak 1,3 gr, kalsium 16 mg, fosfor 106 mg, dan zat besi 1 mg. Tepung Terigu juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,12 mg, serta vitamin C 0 mg.



Sumber :




https://bukuteori.com/2017/09/01/pengertian-tepung-tapioka/


https://www.kompasiana.com/mousoulsandaldoalove/551f50878133111c6e9de13b/mengenal-karakteristik-tepung-tapioka


http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-tepung-tapioka-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.XU6wiWRS_IU


http://www.kerjanya.net/faq/18038-maizena.html


http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-tepung-maizena-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.XU6zoGRS_IU


http://www.kerjanya.net/faq/17860-tepung-terigu.html


http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-tepung-terigu-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.XU61sGRS_IU

Komentar

Postingan Populer