FOOD TERMINOLOGY

1. Foie Gras
Hasil gambar untuk foie gras
Foie gras merupakan makanan khas Perancis yang terbuat dari hati angsa. Hidangan ini terkenal di Eropa, terutama di Perancis, Bulgaria dan Hongaria. Olahan dari hati angsa ini tergolong makanan paling tua di Eropa. Orang Bulgaria telah membuatnya sejak 2000 tahun lalu. Namun, sajian ini pertama kali muncul di Mesir.
2. Escargot
Hasil gambar untuk escargot
Escargot merupakan masakan berbahan baku daging bekicot yang berasal dari Perancis. Di Jepang pun demikian halnya, bahkan pengolahan bekicot ini begitu sederhana, hanya dengan bumbu jahe, cuka dan pemanis. Creswell dan Kopiang (1981) merinci komposisi kimia bekicot, ternyata dagingnya memang kaya protein. Cangkang bekicot kaya kalsium, dan dalam daging tersebut masih terdapat banyak asam-asam amino.
3. Coq Au Vin
Hasil gambar untuk coq au vin
Coq au vin (terjemahan dari bahasa Perancis: "ayam jantan di wine") adalah masakan Perancis. Ayam jantan dimasak dengan wine, lardon, jamur dan kadang-kadang garlic. Banyak wilayah di Perancis memiliki berbagai jenis coq au vin menggunakan wine lokal.
4. Soupe à l'oignon gratinée
Hasil gambar untuk soupe a l'oignon
Soupe à l'oignon gratinée adalah sejenis sup dari bawang merah dan kuah daging sapi yang dihidangkan dengan crouton dan keju. Sup seperti ini telah dihidangkan sejak zaman Romawi kuno, dan dianggap makanan orang miskin. Jenis modern sup ini dimulai di Prancis pada abad ke-17, dibuat dari roti kering atau crouton, kuah daging sapi, dan bawang merah. Keju yang digunakan biasanya jenis gruyère.
Salah satu hal yang membuat sup ini istimewa adalah karamelisasi bawang merah akibat penggorengan bawang secara perlahan hingga berwarna coklat. Langkah ini dapat dilakukan selama setengah jam sampai beberapa jam. Selain itu juga ditambahkan cognac atau sherry. Konon sup ini diciptakan oleh raja Louis XV.
5. Nicoise Salad
Hasil gambar untuk nicoise salad
Menu ini terdiri dari sayur-sayuran mentah yang dipotong kecil-kecil, seperti kentang, kol, dan kacang hijau. Tak hanya itu, beberapa irisan tuna goreng dan telur rebus juga ditambahkan untuk menambah nilai nutrisi. Sedikit mayones khas Perancis pun dicampurkan ke dalam salad untuk memberi sentuhan akhir.
6. Cassoulet
Hasil gambar untuk cassoulet
Cassoulet (Pengucapan bahasa Prancis: [ka.su.lɛ], dari Occitan caçolet [kasuˈlet]) adalah casserole yang kaya dan dimasak lambat yang berasal dari bagian selatan Perancis, berisi daging (biasanya sosis babi, angsa, bebek, dan kadang-kadang daging kambing) , kulit babi (couennes) dan kacang putih (haricots blancs). Hidangan ini dinamai dari bejana memasak tradisional, cassole, pot gerabah bulat dengan sisi miring. Tanah tradisional dari cassoulet adalah wilayah yang dulu dikenal sebagai provinsi Languedoc, terutama kota Toulouse, Carcassonne, dan Castelnaudary, kota yang mengklaim di mana hidangan tersebut berasal.
7. Tarte Tatin
Hasil gambar untuk tarte tatin
Tarte Tatin (Pengucapan Perancis: [taʁt tatɛ̃]), dinamai dari hotel yang menyajikannya sebagai hidangan andalannya, adalah kue yang terbalik di mana buah (biasanya apel) dikaramelisasi dengan mentega dan gula sebelum kue tersebut dipanggang . Ini berasal dari Perancis tetapi telah menyebar ke negara lain selama bertahun-tahun.
8. Beef Bourguignon
Hasil gambar untuk beef bourguignon
Beef bourguignon US: / ˌbiːf ˌbʊərɡɪnˈjɔːn / atau bœuf bourguignon (Inggris: / ˌbɜːrf ˈbɜːrɡɪnjɒ̃ /; Pengucapan bahasa Prancis: [bœf buʁ.ɡi.ɲɔ̃]), juga disebut beef Burgundy, dan bœuf à la Bourguignonne, adalah resep tradisional Perancis yang terkenal. Hidangan ini berasal dari wilayah Burgundy (dalam bahasa Perancis, Bourgogne) yang ada di timur Perancis masa kini, seperti halnya banyak hidangan lainnya seperti coq au vin, escargot, daging persille, oeufs en meurette, gougères, pain d'épices , dll. Ini adalah rebusan yang dibuat dengan daging sapi direbus dalam anggur merah, Burgundy merah tradisional, dan kaldu sapi, umumnya dibumbui dengan bawang putih, onion dan buket garni, dengan pearl onion dan jamur ditambahkan menjelang akhir memasak.
9. Gratin Dauphinois
Hasil gambar untuk gratin dauphinois
Gratin dauphinois adalah hidangan kentang iris Prancis yang dipanggang dalam susu, dari wilayah Dauphine di Prancis tenggara. Ada banyak varian dari nama hidangan, termasuk pommes de terre dauphinoise, kentang à la dauphinoise dan gratin de pommes à la dauphinoise.
10. Cream Brulee
Hasil gambar untuk creme brulee
Crème brûlée (/ ˌkrɛm bruːˈleɪ /; Pengucapan Perancis: [kʁɛm bʁy.le]), juga dikenal sebagai krim yang terbakar atau krim Trinity, adalah makanan penutup yang terdiri atas custard dengan lapisan karamel keras yang kontras. Biasanya disajikan pada suhu ruang. Basis puding secara tradisional dibumbui dengan vanili, tetapi dapat memiliki berbagai perasa lainnya.

Komentar

Postingan Populer