FOOD TERMINOLPGY

1. Biryani

Hasil gambar untuk biryani
Biryani (Nasta'liq: بریانی ; Bahasa Hindi: बिरयानी) atau "Biriani" / "Beriani" adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras "Basmati") yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging (ayam, kambing, ikan, udang atau sapi). Makanan ini berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan kata nasi (nasi biryani, nasi briyani, nasi briani, atau nasi beriani). Nama hidangan ini ("Biryani") berasal dari Bahasa Persia, beryā(n) (بریان) yang berarti goreng atau panggang. Pada zaman dulu, beras digoreng di dalam Minyak samin sebelum direbus di dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang.
Biryani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci terpisah. Setelah beras setengah matang, beras dicampur dengan kaldu berbumbu, ditutup rapat di dalam panci, dan dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap kedalam nasi. Biryani berbeda dengan Pullao (pilaf) (nasi bumbu) dalam cara memasak. Kalau memasak Pullao, beras digoreng bersama rempah-rempah di dalam minyak samin, dan langsung dimasak hingga matang.
Pelancong dan pedagang dari Bangsa Persia memperkenalkan cara memasak biryani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.
2. Idli
Hasil gambar untuk idli
Idli (bahasa Kannada: ಇಡ್ಲಿ, bahasa Tamil: இட்லி, bahasa Telugu: ఇడ్లీ, bahasa Malayalam: ഇഡ്ഡലി; /ɪdliː/) adalah sebuah sarapan tradisional dalam rumah tangga India Selatan. Idli adalah sebuah kue yang terkenal di seluruh India dan negara-negara tetangganya seperti Sri Lanka.
Sebuah varian dari Idli yang dikenal dengan sebutan sanna sangat terkenal di kalangan orang Goa dan orang Konkani lainnya. Varian lainnya yang dikenal dengan sebutan Enduri Pitha sangat terkenal di Odisha.
3. Gulab Jamun
Hasil gambar untuk gulab jamun
Gulab jamun adalah penganan yang umum ditemui di India, Bangladesh, Nepal dan Pakistan. Penganan ini terbuat dari bola chenna (padatan susu dan keju) yang digoreng kemudian direndam dalam sirup air mawar. 
4. Kulfi
Hasil gambar untuk kulfi
Kulfis merupakan es krim tradisional khas Asia Selatan. Terbuat dari susu yang dikentalkan dan dikaramelisasi dengan lambat dengan tambahan beras atau tepung gandum dalam jumlah kecil; setelah kental, pasta kacang kering dan rempah-rempah ditambahkan, es krim ini disajikan dalam wadah logam. Kulfi menjadi salah satu es krim yang terpadat; Kulif biasanya disajikan antara -10 hingga -15 C ketika lebih mudah untuk diambil dengan sendok dan dimakan. Kulfi juga terdapat variasi dalam berbagai rasa seperti mangga, kesar, pistachio, badam (almond), dan kelapa. Makanan ini dijual di pinggir jalan perkotaan hingga pedesaan di India sebagai camilan musim panas. Penjual biasanya menjual Kulfi dalam gentong tanah liat dan memutar lagu khas untuk menarik perhatian. Penjualnya dikenal sebagai "kulfiwalla" (orang yang menjual kulfi).
5. Laddu
Hasil gambar untuk laddu
Laddu (terkadang dieja laddoo atau laadu) terbuat dari berbagai jenis tepung, biji-bijian, kacang-kacangan, semolina, buah-buahan musiman, buah-buahan kering, dan bahan-bahan lain yang dimasak dengan gula, kemudian dibentuk menjadi bola seukuran gigitan atau lebih besar. Laddu disebutkan dalam teks Sansekerta kuno dijadikan sesembahan di kuil, dan disebut Ladduka. Laddu populer di seluruh India, mudah untuk dibuat , dan terdapat berbagai variasi. Laddu sering dibuat untuk merayakan festival, upacara keagamaan, ataupun acara-acara seperti pernikahan.
Salah satu contoh laddu adalah Motichoor Ka Ladoo, makanan manis di negara bagian seperti Bihar, yang terbuat dari serpihan tepung kacang arab panggang yang manis, dicampur dengan almond, digulung menjadi adonan yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak samin. Setiap bola kecil yang disebut 'boondi' berisi gula yang meleleh jika digigit. Bola kecil tersebut ditambahkan rempah-rempah dan kemudian dibentuk menjadi bola seukuran gigitan, yang disebut Motichoor Ka Ladoo. Ketika digigit, bola tersebut menyebar du mulut. Contoh lain seperti Tirupati Laddu begitu populer sampai-sampai lebih dari satu juta Laddu didistribusikan setiap minggu dari satu kuil Dewa Venkateswara.
6. Rasgulla
Hasil gambar untuk rasgulla
Rasgulla adalah makanan manis populer di Asia Selatan. Rasgulla terdapat dalam berbagai bentuk, seperti Kamalabhog (Rasgulla Oranye), Rajbhog (Rasgulla Raksasa), Kadamba sering disajikan dengan kheer, Rasamundi, Raskadamba, dan lain-lain. Beberapa berwarna putih, krim, coklat, emas atau oranye. Makanan ini disebut Rasbari di Nepal. Hidangan ini dibuat dari chhenna dan campuran semolina dalam sirup gula. Setelah matang, makanan ini direndam dalam sirup yang membuat teksturnya seperti spons. Kandungan semolina yang banyak akan membuat teksturnya keras. Beberapa Rasgulla diisi dengan buah-buahan kering, kismis, manisan, dan lainnya untuk membuat rasa yang unik. Beberapa versi, yang disebut danedhar, cukup dilapisi dengan sirup dan gula dan dicetak dalam bentuk buah-buahan dan desain lainnya. Makanan ini merupakan makanan festival yang ditemukan sepanjang tahun, di sebagian besar negara bagian India.
7. Ras Malai
Hasil gambar untuk ras malai
Ras malai atau rosh malai adalah makanan penutup yang sering disajikan di India dan Bangladesh. Nama ras malai berasal dari dua kata dalam bahasa Hindi: ras, yang berarti "jus", dan malai, yang berarti "krim". Makanan ini digambarkan sebagai "kue keju kaya rasa tanpa pinggiran". Ras malai terdiri dari gula putih, bola paneer direndam dalam malai (krim kental) yang dicampur dengan kapulaga.
8. Sandesh
Hasil gambar untuk sandesh
Sandesh merupakan makanan manis yang terbuat dari keju yang berasal dari susu sapi diuleni dengan gula atau molase. Penganan ini berasal dari Benggala Barat dan Odisha. Terdapat dua variasi dari Sandesh, "Norom Pak" (variasi lembut) dan "Koda Pak" (variasi keras). Variasi lembut meski lebih lembut dan dianggap lebih nikmat, tetapi lebih rapuh. Variasi keras lebih kuat dan lebih mudah untuk disimpan. Molase dari kurma dapat digunakan untuk membuat variasi khusus dari Sandesh disebut "Noleen Gurher Sandesh" (Sandesh terbuat dari "Noleen Gurh" atau molases dari kurmal) atau "Noleen Sandesh".
9. Shrikhand
Hasil gambar untuk shrikhand
Shrikhand adalah makanan penutup yang terbuat dari yogurt yang airnya dikeringkan sepenuhnya. Buah-buahan kering, mangga halus, kunyit atau kapulaga, dan gula dapat ditambahkan ke dalam yoghurt untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Makanan ini disajikan dingin. Shrikhand merupakan masakan tradisional India Barat.
10. Chikki
Hasil gambar untuk chikki
Chikki adalah penganan siap saji yang terbuat dari campuran kacang kering dan sirup gula merah panas yang dicetak. Campuran kacang tanah dan gula merah merupakan campuran yang paling umum ditemui. Selain itu juga bisa digunakan kacang almond, kacang mete, kenari, wijen dan biji-bijian lainnya. Variasi chikki lainnya dibuat dari kacang arab yang dipanggang, beras, biji-bijian musiman, dan produk khas daerah seperti Khobara (kelapa kering). Seperti kebanyakan penganan India, Chikki merupakan makanan tinggi protein.

Komentar

Postingan Populer